Kabupaten Situbondo Raih Penghargaan APE 2020 Predikat Madya, Begini Tanggapan Kepala DPPPA

Bupati Situbondo dan Kepala DPPPA saat usai mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 kategori Madya oleh Menteri PPPA RI


Jawapes, SITUBONDO - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI berikan piagam penghargaan kepada Kabupaten Situbondo sebagai kabupaten penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategori Madya.


Saat dikonfirmasi oleh awak media ini, Senin (27/9/2021). H. Imam Hidayat selaku Kepala DPPPA Situbondo mengatakan adanya pemberian penghargaan APE tahun 2020 yang dianugerahkan ke Kabupaten Situbondo dengan predikat madya, maka artinya telah mengalami kenaikan dua tingkat. Ada tujuh indikator yang menjadi penilaian yaitu pertama, Komitmen berupa peraturan-peraturan terkait Pengarusutamaan Gender (PUG), kedua, Kebijakan serangkaian konsep dan asas untuk menjadi pedoman serta dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan dan cara bertindak yang berupa rencana strategis mencapai RPJMD, ketiga, Kelembagaan PUG, yakni meliputi kelompok kerja PUG, tim teknis PUG dan Focal Point, keempat, Sumber daya manusia dan anggaran yang meliputi ketersediaan sumber daya manusia terlatih dalam melaksanakan PUG dan besaran anggaran daerah yang responsif gender,

kelima, Alat analisis gender berupa GAP, GBS, TOR, keenam, Data gender yang merupakan ketersediaan data terpilah berdasarkan jenis kelamin dan ketujuh, Partisipasi masyarakat, yakni dapat berbentuk perorangan maupun kelompok masyarakat.


"Selama ini kita belum pernah dapat penghargaan, jadi saat ini baru mendapatkan penghargaan APE tahun 2020. Selain memenuhi 7 indikator, ada beberapa penilaian yang harus dicapai untuk persiapan tahun depan agar bisa naik lagi ke tingkat utama atau mentor. Di daerah tapal kuda yang mendapatkan kategori Madya ada dua Kabupaten, yaitu Jember dan Situbondo. Mohon dukungan dari Masyarakat dan OPD terkait agar Kabupaten Situbondo terus mengalami peningkatan," harapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama