Pelaksanaan Program Hibah Air Limbah Setempat untuk Tujuh Desa di Kabupaten Lumajang



Pelaksanaan Program Hibah Air Limbah Setempat untuk Tujuh Desa di Kabupaten Lumajang



Jawapes Lumajang - Upaya pemenuhan akses sanitasi layak yang aman, pada Tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang  melanjutkan program Hibah Sanitasi Air Limbah Setempat dimana tahun 2020 sudah mengerjakan dan hasilkan bisa dimanfaatkan.Kamis (12/8/2021).


Pelaksanaannya dengan metode swakelola, yang didampingi oleh tenaga fasilitator lapangan (TFL). Adapun titik lokasi bantuan hibah ini tersebar di 7 desa yakni, Bandaran, banjarwaru, dadapan, jatisari, kalibendo, klanting dan purworejo.

Program Hibah Air Limbah Setempat ini merupakan hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dengan pendekatan kinerja terukur (output based), dimana Pemerintah Daerah diwajibkan melakukan investasi terlebih dahulu untuk meningkatkan layanan air limbah setempat, yang akan dilanjutkan dengan pencairan dana hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah setelah dilakukan verifikasi oleh Kementerian Teknis. 

Program Hibah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan dengan penyediaan prasarana bidang air limbah.Dana hibah untuk Program Hibah Air Limbah Setempat telah ditetapkan besaran serta peruntukannya oleh pemerintah pusat, seperti yang di beritakan bahwa per unit sekitar 4.000.000. dan di tiap desa bervariasi ada yang 70 unit sampai 74 unit.

Saat awak media jawapes berkunjung ke beberapa desa yang mendapatkan program hibah air limbah setempat, melihat hasil yang dikerjakan oleh pengurus KSM dan tim yang terkait, cukup baik dan menurutnya sudah dilakukan sesuai dengan semestinya dan tentunya bila pengerjaan dilakukan secara profesional pasti akan selesai sebelum jatuh tempo.

Salah satu warga asal desa Purworejo mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan pemerintah daerah Lumajang maupun pusat atas program bantuan dalam mengatasi limbah air setempat dan juga diberikan ruangan jamban yang mana semuanya sangat bermanfaat sama keluarga dan tetangga saya.

" Alhamdulillah pemerintah sudah memikirkan dan peduli terhadap orang miskin dan tidak mempunyai jamban dan saluran pembuangannya dan berharap kedepannya bisa meneruskan warga yang belum punya," tindasnya.

Arifin salah satu awak media juga menekankan agar pengerjaan yang dilakukan sesuai dengan RAB, sehingga hasil yang akan dicapai mempunyai kualitas cukup baik. Dan tentunya dalam pengerjaan selalu berkoordinasi dan bekerja sama dalam satu tim.

Dana yang digelontorkan cukup tinggi untuk proyek hibah air limbah setempat, khususnya di kabupaten Lumajang. Kami akan terus kawal pengerjaan ini sampai selesai.


( Eko )

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama