Dinas Perikanan Situbondo Serahkan Sertifikat Nelayan dan Sosialisasikan Akses Permodalan Usaha

Bupati Situbondo saat menyerahkan secara simbolis sertifikat hak atas tanah kepada nelayan di Desa Pesisir


Jawapes, SITUBONDO - Bupati dan Wakil Bupati Situbondo secara simbolis menyerahkan Sertifikat Hak Atas Tanah (SeHAT) kepada perwakilan nelayan di Desa Pesisir dan pembudidaya ikan Desa Kalimas serta melakukan sosialisasi akses permodalan usaha di sektor perikanan,  bertempat di halaman Ponpes Miftahul Ulum, Kecamatan Besuki, Senin (23/8/2021). Selain itu juga dilakukan penyerahan Mangrove, bantuan benih ikan kerapu, ikan kakap putih dan bibit rumput laut.


Dalam sambutannya, Bupati Drs. H. Karna Suswandi, MM., menyampaikan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memberikan sebuah support untuk mendorong perekonomian di Kabupaten Situbondo agar kedepannya semakin membaik, seperti saat ini diadakan kegiatan penyerahan sertifikat hak atas tanah bagi nelayan dan pembudidaya ikan, kemudian memberikan bantuan bibit mangrove, bibit ikan dan rumput laut. 


"Kalau dilihat manfaat pohon mangrove adalah tempat berkembang-biak dan bertelurnya ikan. Jadi semakin banyak populasi pohon mangrove di Kabupaten Situbondo tentu akan berdampak bertambahnya hasil tangkapan ikan dan pendapatan para nelayan menjadi meningkat. Tentu hal tersebut bisa berdampak luas dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya.


Sementara itu, Sopan Efendi, S.STP., M.Si., selaku Kepala Dinas Perikanan Situbondo menjelaskan tujuan adanya program SeHAT untuk pengembangan permodalan usaha bagi nelayan dan pembudidaya ikan. Jadi sertifikat tersebut bisa di agunkan ke perbankan untuk modal pengembangan  usahanya yang sudah berjalan. Seperti dibelanjakan untuk menambah alat tangkap ikan nelayan dan memperluas kolam untuk budidaya ikan. Pelaksanaan program SeHAT sudah dimulai tahun 2015 dan hasilnya sangat efektif serta efisien, karena banyak masyarakat yang berkeinginan menambah usahanya tetapi kesulitan pada modal. 


"Jadi kami tidak menginginkan mereka (nelayan) terjebak oleh rentenir, sehingga yang awalnya mereka berhutang untuk modal usaha agar bisa mendapatkan keuntungan, tetapi pada akhirnya malah terjerat tanggungan yang menimbulkan kerugian. Kita mengundang pihak perbankan dengan program-programnya, sehingga lebih jelas keamanan dan akses permodalannya. Hari ini total ada 193 sertifikat yang diserahkan, rinciannya 93 bidang sertifikat untuk pembudidaya ikan di Desa Kalimas dan 100 sertifikat bagi nelayan Desa Pesisir," ungkapnya.


Terpisah, Kades Pesisir Ahmadi mengucapkan terima-kasih dan merasa terbantu adanya program SeHAT yang diberikan kepada warganya, karena kesehariannya berprofesi sebagai nelayan. Diharapkan sertifikat tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang permodalan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 


"Total penerima program SeHAT warga Desa Pesisir ada 100 orang, syarat pengajuannya adalah cukup melampirkan riwayat tanah, KTP dan KK," terangnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama