Vaksinasi Massal Upaya Pemdes Mejayan Cegah Penyebaran Covid-19

Warga lansia Desa Mejayan saat menerima suntikan vaksinasi Covid-19 di balai desa


Jawapes, MADIUN - Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan program vaksinasi Covid-19 nasional bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan tujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok di masyarakat agar lebih sehat dan produktif.


Seperti halnya Pemerintah Desa Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun melaksanan vaksinasi Covid-19 kepada lansia.


Pelaksanaan vaksinasi dibagi tiga tahap Tanggal 7 Juni warga Dusun Sumbersoko dan Gendoman, tanggal 8 Juni Dusun Mejayan Tengah dan Porong serta Tanggal 9 Juni Dusun Sanggrahan dan Robahan yang semua dilaksanakan di Aula kantor Desa Mejayan.


Kepala Desa Mejayan, Titik Handayani mengatakan vaksinasi ini diperuntukkan bagi lansia dan masyarakat pada tahap pertama di desanya agar masyarakat dapat terhindar dari virus Corona, sekaligus menjadi prioritas desa dalam penanganan pencegahan Covid-19.


"Ini vaksin pertama bagi lansia dan masyarakat desa agar sehat dan terhindar virus serta menjadi prioritas pemerintah Desa," kata Kades Titik Handayani.



Kades Mejayan  menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksin yang di gelar pada Tanggal 7, 8, 9 Juni  2021 telah mendapat sambutan antusias warga, terbukti masyarakat berduyun- duyun mendatangi Kantor desa guna melalukan vaksinasi, tercatat sudah 877 warga desa Mejayan yang sudah melaksanakan Vaksinasi. Terkait disiplin penerapan protokol kesehatan setelah vaksinasi, warga desa diminta tetap menggunakan masker ketika bepergian, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun.


"Tetap waspada meskipun sudah di vaksin, disiplin penerapan protokol kesehatan 

harus dijalankan," Tegas Titik Handayani


Hal itu dapat dilihat dari upaya Pemdes Mejayan yang terus melakukan tindakan pencegahan guna meminimalisir penyebaran wabah Covid-19 beserta variannya di wilayah Desa Mejayan.


Tidak hanya itu, bagi warga yang positif terpapar, pihak Pemdes juga telah memfasilitasi dengan memperoleh penanganan medis. Sedangkan bagi warga yang diputuskan untuk isolasi diri diberi bantuan sembako dan makanan. (Bun)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama