Presiden RI Apresiasi Bandara JBS Purbalingga, Terminal Airport Darurat Sudah Dipakai


Presiden RI Ir. Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga


Jawapes Purbalingga - Presiden RI Ir. Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga, Jumat Pagi (11/6/2021). Pendaratan Presiden disambut oleh Menteri Perhubungan, Direktur PT. Angkasa Pura II, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Purbalingga dan Ketua DPRD Purbalingga.

Pada kesempatannya, Presiden mengapresiasi telah beroperasinya penerbangan komersial Bandara JB Soedirman sejak 3 Juni 2021 yang lalu, meskipun masih menggunakan terminal darurat/tenda sementara.

"ni bagus, saya senang meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai, tetapi airportnya sudah dipakai," katanya.

Menurut Presiden, langkah percepatan pengoperasian ini dinilai lebih produktif sehingga keberadaan Bandara bisa lebih cepat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan tetap mengedepankan safety and security, daripada harus menunggu waktu pembangunan terminalnya selesai.

"Saya kira ini lebih produktif daripada kita menunggu terminal harus selesai, kemudian baru dilakukan penerbangan. Cara-cara cepat seperti ini yang akan terus kita lakukan juga terhadap Airport-airport lainnya yang masih dalam proses dibangun," kata Presiden.

Meskipun Bandara belum lama beroperasi namun antusias penumpang cukup baik, yakni di atas 70%.

Presiden berharap, bandara ini akan memberikan kontribusi menumbuhkan ekonomi, tidak hanya di Kabupaten Purbalingga tapi juga di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan Kebumen.

"Kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik akan jadi lebih baik sehingga akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian Selatan ini," ungkapnya.

Rombongan Presiden mendarat di Bandara JB Purbalingga menggunakan Pesawat khusus ATR 72-600 di dampingi Isteri Iriana Joko Widodo dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Dalam pesawat, Presiden juga mengikutsertakan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua Presiden Joko Widodo di Bandara JB Soedirman. Kunjungan pertama telah dilakukan pada tanggal 23 April 2018 lalu pada saat Ground Breaking pembangunan bandara.

Usai berkunjung di Bandara JB Soedirman kali ini, Presiden bertolak ke Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani, Semarang.(Mugi Ir)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama