P3AI Darma Tirta Desa Bakulan Melakukan Pembangunan Embung Guna Pemanfaatan Pertanian


Helmi, Ketua P3AI Desa Bakulan Kecamatan Kemangkon


Jawapes Banyumas - Program Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI) Darma Turta Desa Bakulan, Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga sedang dilaksanakan dan nantinya untuk mengaliri sawah seluas 60 Hektar yang ditanami padi oleh para petani Desa setempat.

Helmi selaku Ketua P3AI Desa Bulakan kepada awak media mengatakan, proses pembangunan embung yang sedang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengaliri sawah untuk para petani dan kedepannya harapannya mendapatkan hasil panen yang lebih baik atau lebih maksimal karena adanya sumber air yang tercukupi, katanya Jumat Siang (11/06/2021).



Adapun pembangunannya berada di tanah Bengkok Desa dengan Panjang 50 Meter dan Lebar 40 Meter kemudian kedalaman sekitar Meter lebih.

"Untuk sumber dana pembangunan embung tersebut yaitu dari Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga tahun 2021 dengan melelan anggaran sebesar Rp.120.000.000.00," ungkap Helmi.


Lanjut Helmi, pembangunan embung itu berada di wilayah Kadus lll Desa Bakulan. Selain ada sumber mata air, di belakang embung terdapat juga saluran air yang ada airnya terus menerus walaupun ketika musim kemarau dari dulu tidak pernah kering. 

"Setelah embung itu, sudah ada wacana terkait investor masuk untuk bekerjasama dengan Pemerintah Desa Bakulan. Dengan adanya Investor dapat dijadikan salah satu obyek wisata yang nanti pengelolaannya melalui Bumdes, semua sudah ada Site Plannya," ujarnya.


Dia pun berharap dengan rasa optimis dan percaya diri yang tinggi bahwa rencana yang sedang digarapnya dapat berjalan lancar serta berhasil, imbuhnya.(SoN)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama