Operasi Gaktip Profesionalitas Petugas Dan Subyek Hukum



Jawapes Surabaya - Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi dikembangkan kearah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi karena esensi operasi ini adalah proses lanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum.


Dalam operasi pada rabu (16/06/2021) dipimpin langsung oleh Kapten Harto Pomal. Personil yg terlibat opsgaktip
- 10 pers dari hartib
- 2 pers dari gakkum
- 3 pers dari Lidkrim.
Sasaran yang di tujuh tempat karaoke dan cafee .


Dinamika perubahan lingkungan strategis yang sedemikian cepat, telah menghadirkan berbagai bentuk ancaman kontemporer yang bersifat asimetris, proksi dan hibrida yang semakin mengemuka dan sulit diprediksi serta pengaruh negatif sampai saat ini akibat merebaknya pandemi Covid-19 bagi perekonomian masyarakat, mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga kinerja industri di tanah air.


Dampak ini secara masif telah meluluh lantahkan sendi-sendi sosial dan perekonomian Indonesia. Hal tersebut diperkirakan akan berpengaruh terhadap naiknya kejahatan ekonomi, penyalahgunaan media sosial, media elektronik (kejahatan Siber dan ITE) pada tahun 2021.


Prajurit Pom TNI harus mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat mencegah dan menindak kejahatan dimaksud, hal ini dalam rangka membentengi pengaruh negatif dari penggunaan media sosial, media lainnya oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab yang ingin menjatuhkan TNI baik secara individu maupun institusi (hoax) sehingga tugas memelihara dan menegakkan hukum, disiplin serta tata tertib di lingkungan dan bagi kepentingan TNI dapat berjalan maksimal.



Upaya penegakan hukum dan disiplin prajurit menempati posisi yang sangat penting dan memberi dampak positif sebagai keteguhan sikap serta perilaku prajurit TNI. Ini harus diwujudkan dalam penyelenggaraannya secara tegas dan berwibawa, untuk meningkatkan kedisiplinan serta kepatuhan hukum para prajurit TNI, baik perorangan maupun kesatuan, yang sesuai dengan tema Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi tahun 2021. (Muly)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama