Kodim 0816/Sidoarjo Jadikan Desa Rejeni Sebagai Pilot Project Tanaman Padi

Serma Sutrisno meninjau lahan padi di Desa Rejeni Kecamatan Krembung, Sidoarjo

Jawapes, SIDOARJO
- Kodim 0816/Sidoarjo terus melakukan pendampingan terhadap petani guna tercapainya swasembada pangan dalam rangka mewujudkan pembinaan ketahanan pangan tahun 2021. Hal tersebut dibuktikan Bintara Tinggi Staf Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo yang telah bekerjasama dengan petani padi di Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo dengan membuat model/pilot project tanaman padi seluas ±2,1 Ha.  


Bintara Tinggi Teritorial dalam hal ini Serma Sutrisno yang telah melakukan pemantauan terhadap para petani di wilayah Kecamatan Krembung, dimana pada pelaksanaan panen padi yang akan digelar pada bulan Juni 2021 ini benar-benar bisa memastikan kebutuhan stok beras aman dan padi bebas dari serangan hama. Selain itu, berbagai upaya khusus yang dilakukan oleh para Babinsa dengan melakukan pendampingan terhadap petani diharapkan mampu untuk meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir diseluruh belahan dunia sehingga kebutuhan pangan tentunya akan semakin meningkat. 


Bintara Tinggi Staf Teritorial Serma Sutrisno menuturkan bahwa Kodim 0816/Sidoarjo dalam melakukan pendampingan terhadap petani juga telah membuat model/pilot project seluas ±2,1 Ha yaitu di Desa Rejeni Kecamatan Krembung, dan kemungkinan akan di rencanakan panen dalam minggu ini. 


"Tujuan pembinaan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kodim 0816/Sidoarjo diantaranya membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara," ujar Serma Sutrisno, Selasa (15/6/2021).


Ditambahkan Serma Sutris, selain tanaman padi, Kodim 0816/Sidoarjo juga telah membuat tanaman pangan seperti sayur mayur dengan menggunakan metode hidroponik dan tanaman sayur mayur dalam polibag.


"Tentunya hal tersebut dapat dipergunakan sebagai gambaran bahwa ditengah pandemi Covid-19, masyarakat harus benar-benar mampu mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk ketahanan pangan secara mandiri," tutur Sutrisno.(tyaz)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama