Kepala DPPPA Situbondo Targetkan Peringkat Nindya

Suasana pelaksanaan verifikasi lapangan hybrid yang dihadiri langsung Bupati Situbondo


Jawapes, SITUBONDO - Dalam rangka evaluasi kabupaten layak anak (KLA) tahun 2021 oleh Kementrian PPPA RI, maka Pemkab Situbondo melalui DPPPA lakukan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) di Gedung Aula lantai 2 Pemkab Situbondo, Rabu (16/6/2021). 


Drs. H. Karna Suswandi, MM., menyampaikan adanya kegiatan evaluasi Kabupaten Situbondo menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan sebuah kesempatan yang diberikan oleh Kementerian PPPA kepada pemerintah daerah untuk melakukan penilaian berbagai kegiatan yang telah dilakukan berkaitan dengan KLA, sehingga perlu disambut baik. 


"Adanya evaluasi ini diharapkan bisa membuat kita lebih termotivasi dan semangat lagi untuk kedepannya menjadi kabupaten layak anak yang terus meningkat dan lebih baik lagi," harap Bupati Situbondo.


Sementara itu, H. Imam Hidayat selaku Kepala DPPPA Situbondo menjelaskan hari ini Kementerian PPPA RI melakukan penilaian VLH tahun 2021. DPPPA Situbondo kemarin secara mandiri atau internal adakan penilaian KLA dengan skor sementara mencapai 924. Jadi bisa masuk dalam kategori KLA dan saat ini dilakukan verifikasi secara langsung. Menuju KLA ada 5 klaster yang harus dipenuhi yaitu, klaster 1 hak sipil dan kebebasan, klaster 2 lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster 3 kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster 4 pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan klaster 5 perlindungan khusus.


"Jadi dari hasil penilaian, target kami kemarin adalah pratama namun sekarang menginginkan ada peningkatan 2 loncatan menjadi peringkat nindya," jelasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama