Kelompok HIPPA Terto Utomo Realisasikan Bantuan Program P3TGAI

Proses pelaksanaan program PT3GAI oleh HIPPA Terto Utomo dengan memberdayakan warga setempat 


Jawapes, PONOROGO - Adanya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang diajukan oleh Kelompok HIPPA Terto Utomo beralamat di Desa Tosanan, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, kepada Balai Besar Wilayah Sungai, Bengawan solo (BBWS Bengawan Solo) sudah terealisasi yang mendapatkan bantuan dari kementrian PUPR berupa anggaran sebesar 195 juta rupiah dari anggaran APBN tahun 2021. Terkait alokasinya untuk pekerjaan pembangunan saluran irigasi diarea Dukuh Krajan, Desa Tosanan yang dikerjakan secara swakelola oleh kelompok HIPPA Terto Utomo dengan memberdayakan warga masyarakat setempat.


Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tersebut bertujuan untuk menyediakan air bagi kawasan pertanian, melalui pemeliharaan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi kecil (luas kurang dari 40 hektar), lalu irigasi tersier dan irigasi desa dilakukan dengan cara Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) atau Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3AI).


Kepada wartawan, Ketua kelompok HIPPA Terto Utomo, Sahal Fanani, membenarkan diterimanya program tersebut oleh kelompoknya. Dirinya mengucapkan rasa terima kasih kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo karena telah menerima pengajuan program dari kelompok HIPPA Terto Utomo. Dengan terealisasinya program tersebut, diharapkan betul-betul bisa dirasakan manfaatnya, terutama dari pembangunan jaringan irigasi tersebut, apalagi dengan proses pengerjaan yang dilakukan dengan sistem swakelola maka cukup bisa dirasakan oleh masyarakat secara langsung manfaatnya dari segi padat karya tunai. 


"Kami berharap, program ini bisa berkelanjutan karena diwilayah desa kami masih banyak lokasi irigasi yang belum tersentuh pembangunannya, sehingga kami betul-betul sangat mengharapkan adanya bantuan semacam ini lagi," harapnya. (Gst)



Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama