Inovasi Digital E-VA Centil RSUD Margono, Layanan Klaim BPJS Lebih Cepat dan Transparan




Jawapes Banyumas - RSUD Margono Soekarjo Purwokerto kembali meluncurkan inovasi di bidang layanan kesehatan, Kamis (3/06/2021). Inovasi yang diluncurkan kali ini terkait digitalisasi sistem administrasi dan regristrasi online Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), maka sistem pelayanan JKN di Rumah Sakit tersebut terkait BPJS Kesehatan dipastikan cepat, akurat, dan transparan. Selain mempermudah layanan administrasi, aplikasi itu akan mencegah kecurangan-kecurangan yang bisa ditimbulkan.


Tri Kuncoro selaku Direktur RSUD Margono mengatakan, pihaknya kini sedang menggenjot pelayanan berbasis inovasi digital yang dikembangkan saat ini. Yakni E-VA Centil (Electronic Validation Cara Cepat dan Akurat Jamin Lancarkan Klaim BPJS). Dengan aplikasi ini, klaim BPJS dari masyarakat dilakukan dengan teknologi digital sehingga meningkatkan kecepatan dan akurasi. "Sistem dilakukan secara online sehingga mencegah munculnya potensi berbagai praktik kecurangan (anti-fraud) yang menyertai dalam pengurusan klaim BPJS," katanya.



Dengan aplikasi itu, pengurusan klaim BPJS juga akan semakin cepat.

"Masyarakat bisa langsung dilayani, jadi tidak perlu lama-lama mengantri," imbuhnya.

Aplikasi E-VA Centil mendapat apresiasi dari BPJS Kesehatan.


Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Lily Kresnowati mengatakan, digitalisasi sistem administrasi dan registrasi JKN yang dilakukan RSUD Margono patut dicontoh dan dijadikan role model untuk pengembangan layanan rumah sakit di seluruh Indonesia.

"Kami memberikan apresiasi dan kami berharap ini dicontoh oleh rumah sakit lain. Kami ingin ini menjadi role model, sehingga Rumah Sakit di seluruh Indonesia bisa meniru," tuturnya.

Inovasi ini memang selaras dengan tujuan BPJS Kesehatan, yakni untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dengan memperpendek masa antrian.

"Dengan begitu, peserta BPJS lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan. Ini bisa meningkatkan kepercayaan serta kepuasan masyarakat pada layanan JKN," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bangga dengan inovasi itu dan menurutnya, di tengah pandemi tim RSUD Margono masih konsisten berpikir terkait inovasi pelayanan publik.

"Saya senang, karena ini sudah jadi tradisi di RSUD Margono. Tidak hanya di sini, di tempat-tempat lain dan OPD kami, inovasi itu sudah menjadi budaya. Tapi memang RSUD Margono ini sangat produktif terkait inovasi. Semoga ini bisa menambah perbaikan pada layanan kesehatan kita," katanya.

Aplikasi yang menjadi sistem verifikasi anti-fraud di RSUD Margono ini, penting ditiru oleh rumah sakit lain. Sebab menurutnya, itu merupakan wujud integritas pada masyarakat.

"Kalau ada pasien yang ingin ngeklaim BPJS, datanya benar. Pelayanannya juga jauh lebih cepat dan yang paling penting, tidak ada makelarnya karena semuanya dilakukan dengan sistem digital," pungkas Ganjar Pranowo.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama