Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Panarukan Luncurkan Inovasi Peluk Si Tari

Kepala UPT Puskesmas Panarukan dr. Imam Hariyono


Jawapes, SITUBONDO - Salah satu upaya memberikan kemudahan dalam pelayanan kesehatan terhadap pasien, UPT Puskesmas Panarukan menggagas program inovasi Peluk Si Tari (Pelayanan Unggul Berkualitas, Simpel Tanpa Ribet) guna mengatasi permasalahan yang muncul ketika pasien mendaftar dengan pelayanan E-KTP, BPJS dan KIS.


Ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (6/5/2021), dr. Imam Hariyono selaku Kepala Puskesmas Panarukan menjelaskan bahwa dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada pasien maka diluncurkan program inovasi Peluk Si Tari dan terkait administrasi pihaknya sudah membuat komitmen kepada masing-masing desa di wilayah Kecamatan Panarukan agar menempatkan satu petugasnya yang khusus mengatasi adminitrasi kependudukan. Selain itu program inovasi Peluk Si Tari sejalan dengan himbauan atau keinginan Bupati Situbondo yang mencanangkan program SeHati. Dimana masyarakat Situbondo dapat terima pelayanan kesehatan gratis dengan hanya menunjukkan E-KTP. 


"Terkadang ditemukan pasien memiliki BPJS namun masa aktif kartunya sudah habis dan ada yang nunggak pembayarannya, sehingga kami meminta kepada petugas desa untuk mengurusnya dan termasuk biaya tagihan. Jadi terkait semua permasalahan administrasi kita serahkan ke petugas desanya masing-masing agar Puskesmas Panarukan lebih fokus memberikan pelayanan kesehatan yang optimal," jelasnya.


Lebih lanjut dr. Imam Hariyono menambahkan, pemberlakuan program inovasi Peluk Si Tari sudah diterapkan di Desa Kilensari sejak tahun 2018, dan akan dikembangkan ke tujuh desa lainnya yang telah melalui tahap sosialisasi. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama