Dinas Perikanan Situbondo Sosialisasikan Inovasi EBI Guna Peningkatan Pelayanan Publik

Kassubag Umum Dinas Perikanan Situbondo berikan pemahaman keistimewaan BMD dan sosialisasikan inovasi aplikasi EBI

Jawapes, SITUBONDO - Dimasa pandemi Covid-19, masyarakat Situbondo tidak perlu wira-wiri untuk mengurus perpanjangan perjanjian pinjam pakai atau sewa barang kepada OPD untuk usaha kerja, karena Dinas Perikanan telah membuat dan mengembangkan aplikasi, yaitu Elektronik Barang Inventaris (EBI). Tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas pelayanan publik dan tertib administrasi. 


Ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (7/5/2021). Ida Yanti Puspitasari, SE selaku Kassubag Umum dan Kepegawaian Dinas Perikanan Situbndo menjelaskan Badan Milik Daerah (BMD) jika dimanfaatkan dengan baik diharapkan dapat membuka lapangan kerja guna tingkatkan perekonomian masyarakat dan mampu menambah pendapatan daerah. Adapun beberapa manfaat dengan penggunaan BMD yang optimal, antara lain: membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). 


"Selama ini belum pernah ada pelayanan publik dalam pemanfaatan BMD  secara online di Kabupaten Situbondo,  sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang pengelolaan Barang Milik Daerah, maka Dinas Perikanan Situbondo mencoba berinovasi dengan pelayanan tersebut. Tentu perlu adanya kerja sama antar stakeholder untuk kesuksesan aplikasi ini," jelasnya.


Lebih lanjut, bagi masyarakat yang ingin menyewa BMD ke Dinas Perikanan Situbondo Bisa mengakses website : aset.diskan.situbondokab.go.id/diskan-new/, kemudian pemohon bisa login dan daftar, cukup dengan KTP dan email, setelah berhasil daftar maka login kembali, lalu akan keluar BMD apa saja yang bisa dimanfaatkan, kemudian keluar peraturan tentang pemanfaatan BMD, bila setuju langsung klik tombolnya, kemudian lakukan pembayaran dengan menguploadnya. Dalam masa Pandemi Covid-19, aplikasi EBI sangat membantu program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.


"Disini kita juga berusaha untuk menampilkan data akurat tentang ketepatan data penduduk oleh Dispendukcapil dan mencoba membuat masyarakat paham pentingnya membuat email, jadi tidak hanya punya alamat rumah secara nyata tapi didunia maya juga memiliki alamat untuk mengembangkan usahanya," terangnya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama