Terapkan PKPM Mikro, Desa Kanung Nol Covid-19

Kepala Desa Kanung sukses terapkan PPKM skala mikro di wilayahnya

 

Jawapes, MADIUN - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKPM) skala mikro di Pemerintahan Desa Kanung, Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun berjalan dengan baik, hasilnya Desa Kanung tercatat nol paparan Covid -19.


Kepala Desa Kanung Jahman saat ditemui Jawapes menerangkan bahwa penerapan PPKM Mikro yang digaungkan pemerintah pusat sesuai instruksi Mendagri No 3 Tahun 2021 dan instruksi Mendes PDTT Nomor 1 Tahun 2021 Tentang penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam PPKM Skala Mikro di Desa.


"Guna pencegahan dan meminimalisirkan laju penularan virus Covid-19 khususnya di Desa Kanung diterapkan PPKM Skala Mikro dengan membentuk Kampung Tangguh Semeru yang diambilkan dari Dana Desa Tahun 2021," kata Jahman.


Kepala Desa Kanung ini menambahkan bahwa terdapat pos dan relawan Covid -19 di masing-masing dusun yaitu dengan mekanisme pelaksanaan jika ada warga yang terpapar Covid-19 langkah pertama kali laporan diterima ketua RT setiap wilayah, lalu ketua RT melaporkan ke pos yang ada di tiap dusun dan kemudian laporan tersebut dilanjutkan oleh relawan pos ke posko PPKM Mikro di Kantor Desa Kanung.


"Jadi setelah menerima laporan bidan bersama petugas posko seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para relawan mendatangi yang bersangkutan untuk dilakukan tindakan, selanjutnya berupa isolasi atau karantina," ungkap Kades Kanung.


Untuk diketahui, pada posko PPKM Mikro, Desa Kanung tersebut terdapat berbagai perlengkapan terkait penanganan Covid-19 diantaranya baju APD, Kasur, pengukur suhu tubuh (thermogun) masker, hand sanitizer dan lainnya hingga rumah isolasi yang terjaga kebersihannya, lumbung pangan. Selain itu penyemprotan disinfektan rutin dilakukan dilingkungan warga dan ditempat-tempat strategis terpasang banner dan poster terkait protokol kesehatan Pencegahan Covid-19. Dengan prestasi zero Covid-19 tersebut, Desa Kanung mendapat kunjungan dari Mabes Polri guna menetapkan menjadi kampung Tangguh Semeru.(Bun)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama