Jelang Bulan Ramadhan, Harga Jual Sapi di Pasaran Mengalami Penurunan

Kepala DPKH Situbondo ketika memberikan pemaparan harga jual ternak sapi jelang Bulan Ramadhan


Jawapes, SITUBONDO - Tidak seperti tahun sebelumnya, menjelang bulan Ramadhan harga jual sapi di pasaran biasanya naik cukup tinggi, namun berbeda untuk tahun ini. 


Kepala DPKH Kabupaten Situbondo drh. M. Hasanudin Riwansia mengatakan, situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai sekarang turut andil menyebabkan harga sapi di pasar mengalami penurunan, Senin (5/4/2021).


"Tahun ini menurun. Hampir 2 tahun situasi pandemi ini semua sektor ekonomi mengalami deprisiasi. Bukan hanya berdampak pada hasil pertanian, namun juga bagi peternak," katanya kepada wartawan saat di ruang kerjanya.


Masih menurut Kepala DPKH, akibat dari situasi yang ada tersebut untuk mencukupi kebutuhan hidup, maka apa yang mereka miliki dikeluarkan termasuk dalam hal ini sapi. Belum lagi di pasaran juga ada sapi dari luar daerah. Jumlah barang yang ada melebihi dari pedagang yang datang maka harga akan turun.


Beliau harapkan, masyarakat untuk merespon dengan baik apa yang jadi program pemerintah. Dalam hal ini Dinas Peternakan, Good Farming Practice dan Good Breeding Practice maka harus dijalankan.


"Setiap tahunnya sudah diadakan untuk bagaimana masyarakat dapat menghasilkan produktivitas ternaknya sebaik-baiknya. Sehingga dalam kondisi mendesak dibawa ke pasar harganya masih bagus. Mari bersama-sama untuk kembali pada Good Farming Practice dan Good Breeding Practice," pungkasnya. (Fit/saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama