Dewan Pendiri dan ketum Nyatakan Dualisme PAPDESI Tegal Cacat Hukum


Rapat Pengurus PAPDESI Kabupaten Tegal



Jawapes Tegal - Dualisme Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) di Kabupaten Tegal akhirnya islah. Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Papdesi di Kabupaten Tegal ada dua kubu, yakni kubunya Mulyanto yang sebelumnya sudah dilantik menjadi Ketua DPC Papdesi beberapa waktu lalu dan kubu dari Lasdie yang hendak dilantik menjadi Ketua DPC Papdesi pada Minggu (11/4/2021).

Namun, kedua kubu tersebut ternyata tidak sah jika mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) DPP Papdesi. Hal itu terkuak saat Ketua Dewan Pendiri Papdesi, Suwarjo dan Ketua Umum DPP Papdesi Wargiyati datang ke Kabupaten Tegal. Selain itu hadir pula Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani dan sejumlah ketua DPC Papdesi se Jawa Tengah.

"Kami datang ke sini untuk menyatukan dualisme ini karena SK Mulyanto dan Lasdie tidak sah. SK -nya cacat hukum," kata Wargiyati saat menjelaskan kepada sejumlah awak media di Hotel Permata Iin Slawi Kabupaten Tegal, Minggu siang (11/4).

Dia mengungkapkan, semula pengurus DPD Papdesi Provinsi Jawa Tengah mengeluarkan SK kepada Mulyanto sebagai Ketua DPC Papdesi Kabupaten Tegal namun pengurus yang diketahui bernama Sumariyadi sebagai Ketua dan Bambang sebagai Sekretaris itu, ternyata tidak memiliki SK dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Papdesi. SK untuk Sumariyadi sebenarnya sudah dibekukan oleh DPP dan saat ini DPP hanya memberikan SK kepada Joko dari Cilacap sebagai Ketua DPD Papdesi Jateng.

"Jadi, SK yang diterima Saudara Mulyanto itu tidak sah karena SK -nya Sumariyadi sudah dibekukan. DPP hanya menunjuk Joko sebagai Ketua DPD Jateng, saya juga berterimakasih Ibu Dewi Aryani berkenan hadir dan ke depan akan membantu menjembatani dan memperjuangkan hak-hak Kades melalu PP yang di janjikan Presiden Jokowi" kata Wargiyati.

Ketua Dewan Pendiri Papdesi Suwarjo membenarkan hal itu dan menurutnya, tidak hanya SK Mulyanto yang cacat hukum, SK Lasdie juga tidak sah karena tidak sesuai AD ART. Lasdie memang dapat perintah dari DPP tapi bentuknya bukan SK, melainkan hanya mandat. Tapi Lasdie menganggapnya sebagai SK. "Dan keduanya saya nyatakan batal, keduanya cacat hukum," tegas Suwarjo.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani


Karena itu, pihaknya menunjuk Harsoyo (Kades Wangandawa, Kecamatan Talang) sebagai penerima mandat dari DPP untuk menjadi Ketua DPC Papdesi Kabupaten Tegal. Harsoyo nantinya yang akan menyelenggarakan Muscab Papdesi di Kabupaten Tegal namun, Muscab dilaksanakan setelah Musda DPD selesai. Sedangkan Musda DPD dilaksanakan setelah DPP menggelar Munas.

Lasdie yang hadir dalam acara itu menyatakan legowo meski dirinya tidak jadi dilantik dan tidak menerima mandat. Prinsipnya, Papdesi bisa masuk Kabupaten Tegal.
"Saya tidak jadi Ketua juga tidak apa-apa, yang penting Papdesi masuk ke Kabupaten Tegal. Karena saya yang membawa Papdesi ke Kabupaten Tegal," kata Lasdie yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Pesarean Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal.


Anggota DPR RI Dewi Aryani menyatakan, bahwa kedua kubu Papdesi antara Mulyanto dan Lasdie sudah islah. Untuk menyelenggarakan Muscab Papdesi Kabupaten Tegal, maka Ketua DPP menunjuk Harsoyo sebagai penerima mandat Ketua DPC.

"Sekarang sudah tidak ada dua kubu. Yang jelas, hanya Harsoyo yang sah. Beliau yang akan menyelenggarakan Muscab," ujar Dewi yang juga sebagai Duta Reformasi Birokrasi dan Anti Korupsi Universitas Indonesia.

Menurut Dewi, bagi Kepala Desa yang hendak mencalonkan diri sebagai Ketua DPC Papdesi ke depan, dipersilahkan untuk berkompetisi secara sehat dan profesional dengan mengutamakan kepentingan Kades dan warganya bukan kepentingan pribadi dan kelompok. Utamanya bagi Kepala Desa yang memiliki potensi dan kemampuan sebagai pemimpin.

"Saya berharap mulai saat ini dan ke depan semuanya bersatu dan memilih Pemimpin Papdesi yang tidak saja memiliki kemampuan memimpin kawan sejawatnya namun juga yang mampu memperjuangkan bersama-sama kepentingan Kades dan rakyat," tandasnya.
(Yanis)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama