UPT Puskesmas Panji dan Rumah Sakit Sumber Glagah Lakukan Pemeriksaan Penderita Kusta

Petugas medis melakukan pemeriksaan kepada pasien penderita kusta


Jawapes, SITUBONDO
- UPT Puskesmas Kecamatan Panji mendapatkan kunjungan rutin dari Rumah Sakit Sumber Glagah Mojokerto sejak awal tahun 2019, untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan bagi pasien penderita kusta sekaligus pemasangan avo, alat bantu cacat disebabkan kusta dan bedah rekontruksi, Rabu (10/3/2021). Sedangkan MoU antara Dinas Kesehatan Situbondo, Puskesmas Panji dan RS Sumber Glagah sudah dilaksanakan pada akhir tahun 2018 lalu.


Saat ditemui awak media, ikbal selaku PJ Kusta Puskesmas Kecamatan Panji menjelaskan bahwa penderita kusta cacat tingkat 2 terbagi menjadi tiga macam. Yang pertama kusta dengan reaksi berat dan kedua kusta reaksi berulang, apabila setelah diobati masih tetap kambuh kembali dengan penanganan bedah rekontruksi serta ketiga kusta komplikasi dengan penyakit penyerta. Selain ada kunjungan rutin dari RS Sumber Glagah, Puskesmas Panji juga melaksanakan kegiatan pertemuan rutin berupa kelompok perawatan diri (KPD), rendam gosok oles (RGO) juga kegiatan pengembangan keterampilan bagi penderita kusta yang terdaftar di Puskesmas Panji serta melakukan inovasi (Gerdu Ngokhos) yaitu gerakan terpadu ngorangaghi kusta.


"Jadi selama ini penderita kusta diayomi serta diajak komunikasi, minimal tidak terstigma oleh dirinya sendiri ataupun dari orang lain, karena mereka kebanyakan tidak mampu merawat dirinya, bersosialisasi dan tidak mampu bekerja," jelasnya.


Pasien penderita kusta melakukan tahap screening 

Lebih lanjut dia menambahkan, di tengah pandemi saat ini pelaksanaan pemeriksaan bagi penderita kusta yang akan diobati harus patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan terlebih dahulu ditempat yang sudah di sediakan. Total pasien binaan Puskesmas Panji penderita kusta sekitar 17 orang.


"Setiap tahun Puskesmas Panji dan RS Sumber Glagah melakukan pembaharuan MoU pada Bulan Januari. Dalam setahun pelaksanaan pemeriksaan lanjutan penyakit kusta sebanyak enam kali dan pasien diterapi terlebih dahulu disetiap Puskesmas di daerahnya masing-masing sebelum dirujuk ke RS Sumber Glagah," imbuhnya. (Fin/saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama