Dinkes Situbondo Monitoring dan Evaluasi Covid-19 di Pondok Pesantren Darul Iman Klatakan

Kepala UPT Puskesmas Kendit saat melakukan monitoring dan evaluasi terkait Covid-19 di Ponpes Darul Iman

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo didampingi UPT Puskesmas Kendit telah melakukan monitoring dan evaluasi terkait Covid-19, Kamis (4/3/2021) PP Darul Iman Klatakan.


Hj. Lilik Mariah Ulfa, S.ST.M., Mkes., Kepala UPT Puskesmas Kendit mengatakan, pondok pesantren harus meningkatkan antisipasi penyebaran Covid-19 dan jangan sampai Wilayah Kendit yang punya kode warna hijau berubah kuning bahkan merah. Sampai sekarang UPT Puskesmas Kendit bersama Tim Satgas Kecamatan Kendit setiap hari telah melakukan upaya agar Kecamatan Kendit selalu berada di level hijau.


"Masyarakat diminta tidak memandang vaksin sebagai solusi mutlak mengatasi pandemi. Meskipun vaksin memang dapat menyelamatkan nyawa, namun perubahan perilaku harus menjadi fondasi utama menghentikan penularan virus Covid-19 di Kecamatan Kendit Khususnya," pesan Hj. Lilik Mariah Ulfa. 


Sementara dari Dinas Kesehatan Situbondo hadir Zaenal Arifin, M.KM., Sie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat bersama beberapa Staf antara lain Prarasta Ade, S.KM., Rimawati dan Erna Hartatik.


Pantauan tim monitoring dan evaluasi Dinkes Situbondo bahwa Pondok Pesantren Darul Iman Kapong Klatakan, Kecamatan Kendit sudah bagus cara penanggulangan Covid-19 namun perlu lebih ditingkatkan. Contohnya tempat cuci tangan, meskipun sudah ada di depan ruang tamu tapi lebih baiknya setiap kamar santri perlu diadakan tempat cuci tangan juga.


Selanjutnya tim Dinkes Situbondo akan mengunjungi kembali untuk monitoring dan evaluasi, karena disiplin protokol kesehatan di berbagai wilayah banyak mulai mengendur, terlena dengan kedatangan vaksin.  

Disiplin protokol kesehatan harus terus digalakkan dan penanganan Covid-19 hanya dapat dilakukan maksimal apabila seluruh elemen masyarakat bersedia bahu - membahu menjadi bagian dari solusi penanganan pandemi. 


Dalam forum dialog bersama tim monitoring dan evaluasi, pengasuh  Pondok Pesantren Darul Iman Kapong KH.Lubis Abdullah didampingi ummi beliau Nyai Hj. Nanik Zaituna, menegaskan akan selalu siap dan mendukung langkah pemerintah dalam melaksanakan disiplin protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.(Tim)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama