Dinkes Situbondo Launching Gedung PSC 119 Guna Pelayanan Tanggap Darurat

Bupati Situbondo didampingi Wabup dan Plt Kadinkes tanda tangani prasasti saat meresmikan gedung PSC 119


Jawapes, SITUBONDO - Upaya tingkatkan pelayanan cepat tanggap darurat kesehatan kepada masyarakat, maka dilakukan peresmian gedung Public Safety Center (PSC) 119 oleh Bupati dan Wabup Situbondo di halaman belakang Dinkes Situbondo, Rabu (31/3/2021).


Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., menjelaskan setelah diresmikan gedung PSC 119, diharapkan bisa melakukan pelayanan cepat dalam mengatasi berbagai situasi darurat, yaitu seperti disebabkan karena kecelakaan lalu-lintas atau bencana alam, tentunya mampu mengurangi rentan birokrasi agar tim medis segera melayani kesehatan masyarakat dengan cepat. Adapun fasilitas pendukung seperti tersedia 2 ambulance di PSC 119 ditambah mobil ambulance di Rumah sakit dan Puskesmas semuanya sudah siap siaga, ada hubungan radio antara PSC 119, Rumah sakit dan Puskesmas serta Call Center yang perlu diketahui oleh masyarakat.


 "Aplikasi untuk menentukan lokasi kecelakaan dan gawat darurat yang lain semuanya sudah terakses dengan baik," ungkapnya.


Sementara itu, Plt Kadinkes Situbondo Dwi Herman Susilo menerangkan PSC 119 adalah tempat call centernya yang sifatnya berintegrasi melibatkan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Situbondo. Masyarakat bisa mengakses Call Center PSC 119 dengan nomor telepon 0338 673 119 agar merasa dimudahkan dalam mengevakuasi bila terjadi hal-hal yang sifatnya darurat seperti terjadinya kecelakaan atau terkena bencana alam.


"Terkait biayanya gratis dan akan ditangani oleh petugas medis yang sudah  siap siaga terdiri dari empat sopir, perawat dan tenaga administrasi," jelasnya.


Peresmian gedung PSC 119 ditandai dengan penanda-tanganan prasasti oleh Bupati Situbondo. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama