Bupati Tantri Tinjau Pelaksanaan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Bupati Probolinggo berkomunikasi dengan salah satu siswi SDN 2 Kedung dalem saat pelaksanaan peninjauan PTM

 

Jawapes, Probolinggo - Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari melakukan peninjauan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka, Selasa (30/3/2021) pagi. Peninjauan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka dilakukan di SDN Kedungdalem 2, Kecamatan Dringu, MTs Negeri 1 Pajarakan dan SMPN 1 Pajarakan.


Turut mendampingi Bupati Tantri dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bakhtiar.


Uji coba pembelajaran tatap muka dilakukan pada 72 lembaga SD dan 49 lembaga SMP. Sementara untuk lembaga pendidikan dibawah naungan Kemenag Kabupaten Probolinggo, uji coba pembelajaran tatap muka dilakukan pada 3 lembaga MI, 3 lembaga MTs dan 3 lembaga MA di masing-masing kecamatan, sehingga totalnya se-Kabupaten Probolinggo 216 lembaga. Meskipun demikian, jumlah peserta didik yang masuk hanya 30 persen dari total satu rombongan belajar (rombel).


Seperti yang terlihat di MTs Negeri 1 Pajarakan dan SMPN 1 Pajarakan. Kehadiran Bupati Tantri dan rombongan disambut oleh Camat Pajarakan Rachmad Hidayanto, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pajarakan Dyah Amiyah Lindayani, Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Maulida Rachmani serta Kepala Sekolah dan guru.


Kegiatan ini diawali dengan peninjauan secara langsung proses pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di masing-masing ruang kelas oleh Bupati Tantri dan rombongan.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri juga berdialog sambil memberikan semangat kepada para peserta didik. Tidak hanya itu, Bupati Tantri juga berkeliling melihat sarana prasarana yang tersedia di sekolah mulai dari sanitasi, tempat cuci tangan hingga toilet. Peninjauan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka ini diakhiri dengan mempersembahkan motivasi dan semangat kepada seluruh dewan guru.


“Alhamdulillah, hari ini saya sudah meninjau pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di 3 lembaga sekolah mulai dari SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu, MTs Negeri 1 Pajarakan dan SMPN 1 Pajarakan. Secara total semua sudah berjalan dengan baik, ”kata Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE.


Dari hasil peninjauan yang sudah dilakukan dengan jelas Bupati Tantri, sekolah sangat semangat menyambut uji coba pembelajaran tatap muka. Demikian pula para siswa yang mendapat giliran masuk hari ini menyampaikan bahwa mereka semangat dan merindukan sekolah.


“Karena memang 30 persen siswa yang masuk dan menjadi tugas sekolah untuk membina mana yang harus masuk dan mana yang untuk sementara melakukan pembelajaran online di rumah, seterusnya,” jelasnya.


Menurut Bupati Tantri, seperti sebelum evaluasi terhadap uji coba pembelajaran tatap muka dilakukan setiap hari, per hari dan per minggu. “Tentu dari hasil evaluasi pada hari uji coba pertama, kita evaluasi hampir berjalan dengan baik dan patuh pada apa yang menjadi ketentuan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo. Kemudian kita tunggu evaluasi hari ini dan mingguan yang akan kita lakukan diakhir minggu besok, ”terangnya.


Bupati Tantri harapan uji coba pembelajaran tatap muka ini menjadi sarana pembelajaran pada kenormalan baru di lembaga sekolah. Bagaimana tidak hanya sekedar kemudian kepala sekolah, guru, antar guru, guru dengan semua murid tidak hanya patuh pada protokol kesehatan, tetapi juga lembaga sekolah bisa menjadi panutan dan agen perubahan di lingkungan masyarakat yang lebih luas. (Eko)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم