Bertempat di Makodim, Prajurit Kodim 0424/Tanggamus Ikuti Vaksinasi Perdana

 


Jawapes Tanggamus -- Program Vaksinasi untuk aparatur Pemerintah di Kabupaten Tanggamus telah dimulai sejak hari Kamis (04/03/2021). Sejumlah instansi baik dari jajaran Pemkab dan Polri telah mengikuti vaksinasi. 


Demikian juga yang dilakukan oleh jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0424/Tanggamus, yang melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi prajuritnya. Bertempat di Aula Jenderal Sudiman, Makodim 0424 Tanggamus, Jumat (05/03/21).


Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, didampingi Plh. Pasi Ops Kapten Inf. Redi Kurniawan, mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Kodim 0424 merupakan program Mabes TNI kepada seluruh jajaran TNI se Indonesia agar segera melaksanakan vaksin.


"Jadi kegiatan vaksin yang kita lakukan hari ini adalah perintah dari komando atas," ujar Arman yang ditemui disela-sela kegiatan vaksin.


Dandim melanjutkan, bahwa kegiatan vaksinasi Covid 19 di lingkungan Kodim 0424 diikuti oleh seluruh personel baik di Kodim maupun Koramil. Dengan jumlah seluruh personel Kodim 0424/Tanggamus mencapai 430 personel.



"Karena banyak sehingga dibagi dalam beberapa gelombang, kita laksanakan selama empat hari mulai Jum'at 5 Maret 2021, lalu dilanjutkan kembali Senin 8 Maret hingga Rabu 10 Maret 2021," kata Dandim.


Masih kata Dandim, bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Dilingkungan Kodim 0424  bekerja sama dengan tenaga kesehatan baik di Dinas Kesehatan Tanggamus maupun Dinas Kesehatan Pringsewu.


"Jadi untuk pelaksanaan personel yang di Pringsewu tetap di Makodim, hanya saja untuk vaksinnya dikirim dari Pringsewu ke Makodim, sedangkan untuk unsur pelaksana vaksin tetap dari Diskes Tanggamus," ujar Dandim.


Dandim menerangkan, gelombang pertama direncanakan diikuti 95 personel. Namun yang mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 83 personel. 


"Hal ini karena ada sejumlah personel yang belum layak divaksin, karena kondisi kesehatan belum memungkinkan seperti tekanan darah tinggi, kadar asam urat tinggi dan ada sejumlah personel izin karena sakit."



"Dan ada juga personel yang sedang mengikuti vidcon dengan Mabes dan ada yang ikut bimtek sehingga akan dijadwalkan kembali bagi yang belum, dan Alhamdulillah giat vaksinasi gelombang pertama berjalan lancar," terang Dandim.


Dandim berharap dengan dilaksanakannya vaksin ini semua prajurit Kodim 0424 Tanggamus sehat selalu sehingga aman saat menjalankan tugas. 


"Setelah divaksin bukan berarti bebas, personel tetap harus mematuhi protokol kesehatan," tandas Dandim.


Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Tanggamus, Basri, menjelaskan vaksin dosis pertama yang diberikan kepada prajurit Kodim 0424 berjenis Sinovac. Dengan vaksinator yang diterjunkan sebanyak dua tim dari UPT Puskesmas Sumberejo.


"Sebelum divaksin dilakukan registrasi, kemudian screening untuk melihat layak atau tidak seseorang disuntik vaksin dan terakhir observasi selama 30 menit, barulah mendapat sertifikat vaksin dosis pertama," jelasnya. (Ady)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama