Forum Keserasian Sosial Desa Ranulogong Gelar Sarasehan Dialog Tematik I



Jawapas Lumajang - Pemerintah desa Ranulogong bersama warga melaksanakan kegiatan sarasehan dialog tematik keserasian sosial di Balai desa Ranulogong, Kamis (17/9/2020) yang berjalan lancar dan damai.

Turut hadir narasumber dari Dinas sosial kabupaten Lumajang terdiri dari Sekretaris Dinas Sosial, Kepala Bidang Perlindungan dan jaminan sosial Nana Indra Wahyunu dan kepala seksi perlindungan sosial korban bencana alam dan orang terlantar Romawati Biana dan juga dari Ketua Keserasian sosial desa ranulogong, Ketua pendamping keserasian sosial kabupaten lumajang, warga desa ranulogong serta perwakilan PKK dan Gerbangmas.

Hasan Basri selaku Kepala Desa Ranulogong, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang mengucapkan rasa terima kasih kepada undangan dari Dinas sosial Kabupaten Lumajang serta warganya yang hadir dalam kegiatan yang penuh manfaat. Adanya acara forum keserasian sosial Desa ranulogong dengan diaolog  tematik bertujuan untuk menyeimbangkan konflik yang pernah ada sebuah perbedaan, sehingga dengan adanya kegiatan dari Kementerian Sosial bisa membantu menyelesaikan permasalahan desa agar bisa kondusif dan berjalan dengan baik. 

"Harapannya Desa ranulogong kondusif, bila ada masalah perlu di carikan solusi. Untuk tindak lanjutnya forum ini tidak harus selesai saat tematik saja, kalau bisa tetap selalu hadir bersama untuk ciptakan warga yang damai dan terus menggelar pembinaan yang berkelanjutan ,"tuturnya. 

Ninis Ligiwinarsih selaku Sekretaris  Dinas sosial kabupaten Lumajang mewakili Kepala Dinas sosial lumajang menyampaikan Kegiatan sarasehan diaolog tematik I dengan tema kebersamaan dan gotong royong menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa agar selalu memperhatikan protokol kesehatan terutama memakai masker, jaga jarak, hand sanitzer serta tersedianya thermo gun.

"Acara tersebut merupakan program Keserasian  sosial dari Kemensos lewat usulan dari pelopor perdamaian dan forum keserasian Desa ranulogong, usulan dari warga yang dulu ada konflik sosial agar diberikan solusi dan strategi untuk mencegah timbulnya konflik sosial kembali serta dapat diselesaikan secara musyawarah,'' ungkapnya.

Lebih lanjut, beliau menambahkan bahwa informasinya dulu di Dusun Darung ada konflik terkait jalan, sehingga usulan dari warga lewat forum keserasian sosial Desa Ranulogong  bisa disetujui dan nantinya pembangunan rabat beton bila sudah selesai harus di jaga.

Romawati Biana selaku kepala seksi bencana sosial dan orang terlantar berharap tidak banyak terjadi, karena jika ada konflik perlu dicarikan solusi secara bersama - sama.

"Maka bantuan dari Kementerian Sosial lewat keserasian sosial dengan bertujuan agar konflik tidak ada atau minimal di cari solusi," tuturnya. 

Rudik M Kholik selaku pendamping keserasian sosial Kabupaten Lumajang menyampaikan agar program forum keserasian sosial bisa dikerjakan secara bersama - sama dengan semua penggerak dan warga Desa Ranulogong. Partisipasi masyarakat sangat butuhkan dan pihak kami selalu siap membantu sampai benar benar kegiatan selesai. 

"Masih banyak program yang lain dari Kementerian Sosial seperti menguatkan kearifan lokal di Desa Ranulogong dalam bidang kesenian. Tentu kedepannya forum keserasian sosial bersama warga dan kepala desa bisa mengusulkan jenis kesenian, seperti hadrah, kesenian reog, ujung dan lainnya yang penting semuanya untuk menjaga dan melestarikan dan warisan seni dari para pendahulu kita," tuturnya. (Eko)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama