Ziarah Makam Tokoh Pramuka Banyumas Dipimpin Achmad Supartono

Jawapes Banyumas -  Menyongsong peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020, Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas mengadakan ziarah ke makam tokoh-tokoh yang berjasa bagi bangsa dan kemajuan organisasi Gerakan Pramuka di wilayah Kabupaten Banyumas, Rabu (12/08/2020). Ziarah ini dapat memberikan semangat dan motivasi dalam rangka membangun bangsa dan negara melalui pendidikan dan pelatihan Pramuka.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas Achmad Supartono, mempimpin ziarah ke makam tokoh-tokoh Pramuka Banyumas. Diantaranya ziarah ke makam mantan Sekretaris Kwarcab Imam Sampurno di Kaliputih Kelurahan Mersi Purwokerto Timur, makam mantan Ketua Kwarcab Srimoyo Tamtomo di Kebondalem Purwokerto Utara, makam Pelatih Mutohar di Babakan Karanglewas dan makam mantan Mabicab yaitu Pujadi Djaring Bandajuda serta RG Roedjito di Taman Makam Pahlawan Tanjung Nirwana Purwokerto.

Pelaksanaan ziarah kali ini dibatasi karena masa pandemi covid-19, hanya menyertakan Pimpinan dan beberapa Pelatih serta perwakilan DKC. Sebelum prosesi tabur bunga ke pusara tokoh, rombongan diterima oleh keluarga korban dipintu masuk makam.

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan bahwa, momentum Peringatan Hari Pramuka tahun 2020 tidak hanya mengingat akan prestasi yang telah diraih namun juga mengingat akan orang-orang yang berjasa terhadap perkembangan Pramuka Banyumas.

"Kami Pramuka Banyumas ikut mendoakan semua Tokoh Pramuka yang telah mengabdikan diri, namun yang dikunjungi baru lima tokoh," katanya.

Disisi lain, keluarga tokoh mengaku tak menyangka bahwa makam keluarganya akan diziarahi oleh para Pengurus Pramuka Kwarcab Banyumas.

"Saya terkejut dan terharu setelah Bapak meninggal pengurus Pramuka Banyumas masih mengingat Bapak, ini menjadi kebanggaan kami sebagai anaknya. Karena saya tahu Bapak memang mencurahkan tenaga dan pikiranya untuk pramuka sampai akhir hayatnya," kata Emy Putra dari Imam Sampurno.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sri Sudiyati sebagai istri dari Mantan Ketua Kwarcab Srimoyo Tamtomo. Menurutnya, suatu penghormatan bagi dirinya dan keluarga jika pengabdian suaminya terus diakui oleh penerus Pramuka Banyumas.

"Saya bangga menjadi warga Banyumas, melihat pramuka yang begitu aktif. Semoga Pramuka Banyumas terus berprestasi," ungkapnya.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama