PMI Situbondo Kembali Melaksanakan Kegiatan Donor Darah Secara Massal


Jawapes Situbondo -  PMI Situbondo kembali bekerja sama dengan pihak pemerintah Kecamatan Arjasa untuk melaksanakan kegiatan donor darah secara massal ke seluruh desa wilayah Kecamatan Arjasa, salah satunya bertempat di balai Desa Curah Tatal, Sabtu (4/7/2020). Sebelumnya donor darah masal sempat dihentikan pada bulan 3 sampai bulan 5 karena situasi wabah Covid - 19.

Menurut Kepala Tata Usaha PMI Situbondo, bahwa kegiatan rutin donor darah secara massal ketika pandemi Covid - 19 sempat terhenti diluar kantor PMI sesuai intruksi dari PMI pusat. Namun saat ini kembali dilaksanakan pada akhir bulan 6, mengingat stok persediaan darah mulai menipis di RSUD Abdurrahem. Karena tetesan darah sangat berarti untuk obat bagi orang sakit seperti melakukan cuci darah, ibu melahirkan, proses operasi. Selama kegiatan tersebut berlangung pihak PMI selalu memperhatikan protokol kesehatan.

"Bagi petugas dan masyarakat yang akan melalukan donor darah wajib mematuhi protokoler kesehatan. Seperti menggunakan masker, terapkan jaga jarak, memakai hand sanitizer dan sarung tangan untuk memutus penyebaran Covid - 19. Apabila nanti tidak mengadakan donor darah, lalu kekurangan stok darah dan ada pasien kritis akhirnya bisa meninggal dunia juga. Tak hanya di kecamatan Arjasa, pihak PMI juga bekerja sama dengan seluruh kecamatan se- Kabupaten Situbondo untuk melalukan donor darah," jelasnya.

Lebih lanjut, KTU PMI Situbondo merasa bersyukur karena peminat warga Desa Curah Tatal untuk melakukan donor darah semakin bertambah.


Sementara itu, Susanto selaku Sekdes Curah Tatal mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu bagi yang membutuhkan darah dan manfaatnya bisa menyehatkan masyarakat.

"Warga Desa Curah Tatal sangat antusias adanya kegiatan donor darah. Kami juga melibatkan beberpa elemen masyarakat seperti seluruh staff perangkat desa dan bidan untuk menginfokan persyaratan kepada masyarakat Curah Tatal yang akan melakukan donor darah," pungkasnya.

Turut hadir Kepala Desa Curah Tatal Arwiyatin, S.Ag., beserta perangkat desa, Petugas UPT Puskesmas Arjasa, Babinsa dam Ketua TP PKK Desa Curah Tatal. (Fin)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama