Bupati Tanggamus Launching Penyerahan BST dari Kemensos RI


Jawapes Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM. melaunching kegiatan Penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) Dari Kementerian Sosial RI Kepada Masyarakat Tanggamus, di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Senin (11/05/2020).

Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani. Mengatakan bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu dan yang rentan terkena dampak Covid-19, Bantuan uang sebesar Rp.600.000,- yang akan dibagikan selama 3 bulan yaitu untuk bulan April, Mei dan Juni Tahun 2020, yang penyalurannya melalui PT. Pos Indonesia.

Adapun sumber data penerima adalah keluarga dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau Non DTKS yang telah diputuskan melalui Musyawarah Pekon/Kelurahan lalu di upload pada Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Pusat Data Informasi Kementerian Sosial RI.


Kabupaten Tanggamus mendapat Kuota sejumlah 34.721 keluarga,Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 21 April 2020 sampai tanggal 10 Mei 2020. Kabupaten Tanggamus mengikuti semua tahapan yang dibuka mulai Tahap I sampai dengan Tahap IV. dan akhirnya hari ini kita laksanakan Launching Penyalurannya oleh Kantor Pos di Kecamatan Gisting,Penyalurannya juga telah dilakukan oleh Kemensos kepada KPM yang memiliki rekening di Bank HIMBARA (Himpunan Bank Negara seperti BNI 46,BRI, BTN dan Mandir, Kata Bupati".

Lanjut Bupati, Pada saat bersamaan hari ini juga Kementerian Sosial di Kabupaten Tanggamus melalui Bank Mandiri yaitu di Kantor Kecamatan Kota Agung Timur, dimulai penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Adanya bantuan dari pusat selain PKH, BPNT/sembako, BST dan di tambah lagi BLT Dana Desa, ini merupakan Jaring Pengaman Sosial (social safety net) sebagaimana perintah Presiden agar rakyat dapat terbantu menghadapi dampak Covid-19 ini terutama di bidang pangan.Manfaatkan bantuan tersebut terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi keluarga, gunakan sehemat mungkin, Selalu jaga kesehatan, ikuti saran pemerintah, lakukan protokol kesehatan dengan membiasakan hidup bersih, selalu cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.


Dan selama kegiatan Penyaluran BST ini sudah melakukan protokol kesehatan dari pemerintah seperti menyediakan tempat cuci tangan, menggunakan masker pelindung, dilakukan pengukuran suhu tubuh, serta pengaturan jarak antrean atau physical distancing juga, Ujarnya".

Sebelumnya laporan Yesi Agustianti. S.E. M.M. Kepala Kantor Pos Prov. Lampung menyampaikan kepada masyarakat saya mengimbau untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah, seperti selalu menggunakan masker jika keluar rumah, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan antiseptik dan hand sanitizer.

Selanjutnya,  Bantuan BST ini bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, dengan besaran Rp.600.000 untuk setiap Kepala Keluarga (KK) Untuk 3 Bulan ke depan dan dapat digunakan sebaik- baik nya, Bantuan tersebut diberikan kepada warga yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)


Penerima bantuan wajib membawa surat undangan yang diberikan pihak Kantor Pos, membawa KTP atau Kartu Keluarga. Dalam pengambilan dana tersebut selanjutnya petugas akan mencocokkan dengan data yang sudah ada.Penerima BST tidak boleh di wakilkan Kecuali Penerima Meninggal dunia. Untuk Wilayah yang belum ada kantor Pos Tim BST akan langsung turun ke daerah- daerah untuk menyalurkan dana BST langsung ke penerima.

Hadir dalam kegiatan Tersebut Hi.AM. Syafi'i.S.Ag. (Wakil Bupati Tanggamus), Yesi Agustianti.SE. MM. (Kepala Kantor Pos Prov. Lampung), Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, AKBP Hesmu Baroto, S.Ik.MH. (Kapolres Tanggamus), Letkol Inf. Arman Aris Sallo (Dandim 0424/Tanggamus), David Palapa Duarsa. SH.M.H. (Kajari Tanggamus), Inspektur Ernalia, Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Staf Ahli Bupati Firman Rani, Para Kepala OPD, Kapten Inf.Sanusi (Plh.Danramil 424-04/Talang Padang), IPTU. Khoirul Yasin Ariga, S.Kom (Kapolsek Talang Padang), Purwanti. S.Stp (Camat Gisting), Rigo Sanjaya (Kepala Kantor Pos Kec. Gisting). (Advertorial)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama