Dua Reaktif Diantara 100 Pedagang Pasar di Porong Usai Rapid Test

Jawapes Sidoarjo - Upaya tingkatkan kinerja untuk mengetahui penyebaran Virus Corona (Covid-19), Dinkes Sidoarjo bekerjasama dengan Polresta Sidoarjo lakukan rapid test massal di Pasar Porong Sidoarjo, Jumat (8/5/2020) sore.

Dalam kesempatan tersebut, sekitar 100 orang pedagang menjalani tes, dan hasilnya dua pedagang dinyatakan reaktif. Selanjutnya mereka akan menjalani swab tes di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Sidoarjo.

Kadinkes Sidoarjo, Syaf Satriawarman mengungkapkan, jika nanti hasil swab tesnya positif, dinas terkait akan menutup lapak pedagang tersebut, serta menutup blok sekitar lapak pedagang itu.

"Mereka tidak harus menjalani isolasi di tempat observasi. Sambil menunggu swab, disarankan melakukan karantina mandiri," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Syaf Satriawarman.

Kapolresta Sidoarjo juga menilai sejauh ini kesadaran masyarakat Sidoarjo terhadap upaya pencegahan penyebaran covid-19 masih terbilang rendah. Di berbagai lokasi, masih banyak warga berkerumun, menggelar shalat tarawih dengan mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, nongkrong-nongkrong dan sebagainya. Padahal PSBB sudah berjalan sepuluh hari dan sosialisasi juga sudah terus digalakkan.

"Rapid test bakal terus dilakukan dengan menyasar tempat-tempat yang masih dijumpai kerumunan massa. Hal ini sebagai upaya mendeteksi dimana terdapat potensi penyebaran Covid-19," pungkas Kombes Pol Sumardji.

(Ty)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama