48 KPM Terima BLT DD TA 2020 dari Pemdes Semen

Jawapes Magetan - Pemerintah Desa Semen Kecamatan Nguntoronadi  pada Kamis (21/5/2020) telah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) TA 2020. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Camat Nguntoronadi yang diwakili Kasi PMD, serta Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat.

Ada 48 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD masing-masing penerima mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan yakni bulan Mei, Juni dan Juli 2020 dengan jumlah total sebesar Rp 185.661.750.

Kepala Desa Semen, Edi Subiyanto menyampaikan bahwa pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 11Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Untuk Desa Semen
BLT DD tersebut diambilkan dari 25% DD.

"Ada 48 KPM yang menerima manfaat dari progam BLT Dana Desa TA 2020.dan desa Semen menganggarkan 25 % dari DD 2020 untuk BLT penanggulangan dampak virus Covid-19 sebesar Rp 185.661.750 dan untuk BLT bulan April telah dicairkan di bulan Mei sebanyak Rp 25.800.000 untuk 48 KPM begitu seterusnya sampai tiga bulan kedepan," kata Kades Semen tersebut.
 
Edi Subiyanto melanjutkan maksud dan tujuan pelaksanaan BLT-DD adalah dalam rangka membantu masyarakat miskin terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat.

Sasaran penerimanya adalah keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Kartu Pra Kerja.Untuk warga desa Semen selain 43 KPM penerima BLT DD, warga juga sudah menerima progam lainnya seperti BST dari Kemensos sebanyak 88 KK, dari BNPT 57 KPM +perluasan dampak covid sebanyak 7 KPM serta 61 KPM PKH.

"Untuk BLT DD ada 43 KPM,BST Kemensos 88 KPM, BNPT ada 57 KPM di tambah 7 data baru akibat perluasan dampak covid-19,serta 61 Orang keluarga penerima manfaat dari progam PKH," terangnya.

Kades Semen Edi Subianto berharap progam ini sukses dapat membantu serta meringankan masyarakat yang terdampak dari pandemi corona, bantuan tersebut dapat dipergunakan sebaik mungkin," harapnya.

Mulyono salah satu warga  RT 03 penerima BLT DD mengaku senang dengan dirinya mendapat BLT DD selain untuk menyambung hidup di tengah wabah corona, sebagaian dana tersebut untuk mengobati ayahnya yang sedang sakit.

"Saya sangat senang dan terimakasih kepada Pak Lurah yang telah mengupayakan bantuan ini kepada keluarga kami, untuk makan dan biaya pengobatan bapak," kata Mulyono.

Sementara itu, Camat Nguntoronadi melalui Kasi PMD Kecamatan Nguntoronadi, Yitnawati Dyah Sulistiyaningsih, S.Sos, mengatakan di Kecamatan Nguntoronadi sudah 8 desa yang telah menyalurkan BLT DD TA 2020 dengan jumlah 889 KPM. Ada satu desa di Kecamatan Nguntoronadi yang belum menyalurkan BLT DD karena terkendala tehnis dari BRI. 

"Kemungkinan besuk baru bisa disalurkan, mengingat Idul Fitri sudah dekat dan BLT DD sudah harus selesai di salurkan sebelum hari raya untuk wilayah Kecamatan Nguntoronadi.

(zm)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama