Tepat 31 Januari 2020, Kabupaten Sidoarjo Peringati Hari Jadi ke 161

Jawapes Sidoarjo - Tepat 31 Januari 2020, hari ini merupakan sejarah bagi Pemkab Sidoarjo dan masyarakat Sidoarjo. Karena pada hari ini, Pemkab Sidoarjo tepat berusia 161, yang dilaksanakan dengan upacara peringatan Hari Jadi di Alun - Alun Sidoarjo, Jumat (31/1/2020).

Bertindak sebagai inspektur upacara,  Plt Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H. dan Komandan Upacara Camat Sedati, Drs. Abu Dardak, M.Si.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa diusia yang lebih dari 1 ½  abad ini, pembangunan di Kabupaten Sidoarjo terus berjalan kearah yang lebih baik. Terbukti dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk Tahun 2018 Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo mencapai 6,05 %, naik dari tahun sebelumnya 5,80 %. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo ini melampaui dari pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sebesar 5,50 %, dan juga melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5,17%.

Untuk angka kemiskinan Kabupaten Sidoarjo, mengalami penurunan dari yang semula di tahun 2017 sebesar 6,23 % menjadi 5,69 %, artinya angka kemiskinan turun sebanyak 0,54 % setahun.

Selain itu, pertumbuhan sektor industri di Kabupaten Sidoarjo, dengan berbagai kemudahan ijin investasi yang kita berikan, dari tahun ke tahun, nilai investasi yang masuk ke Kabupaten Sidoarjo juga terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. 

Untuk investasi di tahun 2019 sampai dengan Tri Bulan ke IV sebesar Rp 22.958.867.247.660,00. Hal inilah yang menjadi dasar pemilihan tema peringatan Hari Jadi Ke-161 Kabupaten Sidoarjo, yakni “Sidoarjo Cerdas”. Cerdas mengelola Sumber daya alam dan lingkungan dengan inovasi dan teknologi tepat guna sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.

“Kini upaya pembangunan secara kongkret telah kita mulai bersama dengan isu-isu strategis program percepatan pembangunan, sebagai tekad untuk membangun basis-basis ekonomi rakyat guna mengentaskan kemiskinan dan mengupayakan ketersediaan infrastruktur yang layak,” ucapnya.

Pada momen upacara peringatan Hadi Jadi ini, Pemkab Sidoarjo juga memberikan penghargaan mulai dari Camat, Kepala Desa, hingga para pelaku usaha.(Tyaz/kom)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama