Kabupaten Sidoarjo Sediakan Lokasi Penampungan Tanggap Bencana

Bupati dan Kapolresta Sidoarjo sedang cek kesiapan tanggap bencana

Jawapes Sidoarjo - Polresta Sidoarjo melaunching lokasi penampungan dalam rangka tanggap bencana di Desa Candipari, Porong, Sidoarjo pada Senin (6/1/2020) sebagai langkah kesiapan dan tanggap bencana, khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Acara tersebut dihadiri Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, Kadis PU BMSDA Sunarti Setyaningsih, Kadis BPBD Dwijo Prawito, Camat Porong Murtado, jajaran Kapolsek se-Kabupaten Sidoarjo beserta petugas tanggap bencana, anggota Polisi/TNI.

Di lokasi ini, terdapat tempat penampungan warga bila terjadi bencana, dapur umum, posko kesehatan dari Polresta Sidoarjo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, posko trauma healing, kendaraan SAR beserta perlengkapannya, ambulance, personel tim SAR dari Basarnas, Polresta Sidoarjo, personel TNI, BPBD, Satpol PP, PLN, PMK, Linmas, dan juga para relawan.

Keberadaan lokasi penampungan tanggap bencana di Desa Candipari, Porong, Sidoarjo ini, dikarenakan di wilayah tersebut merupakan daerah rawan terdampak bencana. Selain Candipari, juga ada Desa Pesawahan dan Desa Wunut di sekitar lokasi yang rawan banjir maupun terkena dampak angin kencang.

"Kami bersama instansi terkait, baik dari TNI, BPBD, Basarnas, Satpol PP, Dinas Kesehatan, PMK, Linmas, dan para relawan mempersiapkan lebih awal. Melalui sinergitas ini sebagai wujud kesiapsiagaan dan kebersamaan dalam tanggap bencana bila sewaktu-waktu terjadi di wilayah kita," jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di lokasi.

Apresiasi terhadap kesiapsiagaan personel gabungan tanggap bencana di wilayah Kabupaten Sidoarjo, sebagaimana disampaikan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Sinergitas antar instansi, TNI-Polri, hingga tingkat Forkopimka di Kabupaten Sidoarjo kompak. Termasuk dengan pendirian lokasi penampungan tanggap bencana di Desa Candipari, Porong, Sidoarjo ini.

"Bencana alam dapat terjadi kapan pun. Karenanya kami bersama-sama melakukan berbagai persiapan penanganan bencana, dan hari ini kami cek kesiapannya dari lokasi penampungan, dapur umum, peralatan penanganan bencana, hingga posko kesehatannya," kata Bupati Sidoarjo.(tyaz)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama