Petugas Gabungan Tes Urine Pengemudi Angkutan di Tanggamus, Ini Hasilnya ?


Jawapes Tanggamus - Petugas gabungan Sat Lantas, Satresnarkoba dan BNNK Tanggamus melaksanakan pemeriksaan test urine kepada sejumlah pengemudi yang melintas di Jalan Lintas Barat (Jalinbar), Jumat (20/12/19).

Hal itu merupakan rangkaian Operasi Lilin Krakatau 2019 Polres Tanggamus tersebut dipusatkan di simpang Jalan Baru Pekon Sukabandung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan tersebut dipimpin Kasat Lantas AKP Yuniarta dengan metode yang digunakan, petugas memberhentikan sejumlah pengemudi baik dari arah Bandar Lampung maupun sebaliknya.

Setelah dilakukan pemeriksaan surat-surat, pengemudi yang diberhentikan terdiri dari sopir angkutan umum, sopir angkutan barang dan sopir travel dilakukan pengambilan sampe urinenya di mobil BNNK yang telah siap di lokasi.

Petugas juga memberikan pemahaman sekaligus memberikan penyuluhan di dalam bus angkutan.

Pengambilan urine dikawal ketat oleh petugas, lalu dihadapan pengemudi petugas melakukan test urine menggunakan 3 alat tester yang meliputi tester sabu, ganja dan obat-obatan terlarang.

Kasat Lantas AKP Yuniarta mengungkapkan, hasil pemeriksaan urine kepada sejumlah pengemudi seluruhnya dengan hasil negatif.

"Kami bekerjasama dengan Satres Narkoba dan BNN melakukan test kepada pengemudi yang melintas, hasilnya didapatkan 30 pengemudi. Hasilnya negatif," ungkap AKP Yuniarta, didampingi KBO Satresnarkoba Ipda Jumbadio dan Kasi P2M BNKK Tanggamus Iswandi, SKM usai kegiatan.

AKP Yuniarta menerangkan, pemeriksaan test urine dilaksanakan guna memastikan para pengemudi dapat maksimal. "Tentunya tujuan kegiatan ini guna menekan kecelakaan angkutan umum, keselamat penumpang dalam rangka libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," tandasnya.

Sementara itu, Bayu Iskandar seorang pengemudi angkutan umum Bus asal Bandar Lampung .yang melintasi Jalinbar Tanggamus merasa bersyukur setelah diperiksa kesehatan dan urinenya. Sebab, penumpangnya yakin dia tidak terindikasi memakai Narkoba. "Alhamdulillah tidak memakai Narkoba dan semoga penumpang juga merasa nyaman dikemudikan oleh saya," ucapnya. (Ady)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama