KARANG TARUNA sebagai Wadah Demokrasi Muda



Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata Taruna berasal dari sebuah kata yang berarti pemuda. 
Kata TARUNA-TARUNI merupakan istilah lain dari Pemuda-Pemudi. Pengertiannya sesuai dengan pola dasar pembinaan Sebagai kelompok atau perkumpulan pemuda-pemudi yang menghimpun dirinya dalam suatu organisasi sosial.

Seperti kepemudaan di Pulau Dewata. Namanya Seka truna-truni merupakan organisasi pemuda Bali yang bersifat mengedepankan nilai kearifan lokal, pembinaan generasi muda khususnya anak yang masih berusia sekolah maupun tidak sekolah guna mendalami dan menerapkan arti dari pentingnya bersosial dalam masyarakat. Keberadaan kelompok ini sebenarnya untuk memantapkan kegiatan sosial tanpa mengenal status masing-masing orang dalam masyarakat yang dihubungkan dengan adat istiadat Hindu di Bali.
Sekaa Truna Truni ini merupakan wadah yang tepat dan positif bagi pemuda untuk belajar politik, demokrasi sejak dini. Mereka belajar tentang bagaimana memimpin dan dipimpin tanpa saling menjatuhkan
Organisasi kepemudaan ini juga secara aktif ikut mensosialisasikan tugas pemuda di ranah politik.
Contoh sederhana saja, ketika memilih pemimpin organisasi, ketika memutuskan sesuatu, semuanya dijalankan dengan demokrasi penuh. 
Saya sendiri merasa terbantu dengan adanya organisasi ini. Ilmu yang saya dapatkan di bangku sekolah bisa saya terapkan dalam kehidupan sesungguhnya, kehidupan sosial masyarakat, kehidupan yang bergaul dengan banyak orang, beragam pemikiran, dan pendapat yang tentunya beraneka pula.
Saat menjelang pemilihan umum nantinya akan aktif memberikan sosialisasi pada pemuda di desa dan masyarakat tentang bagaimana memilih yang baik dan memilih berdasarkan hati nurani.. 

Tidak lupa juga  bahwa di setiap aktivitas kepemudaan, Demokrasi Kopi dengan berbagai selera juga hadir menemani nuansa Kebersamaan dalam Kerukunan.. 

Demokrasi Kopi  
Saya masih yakin bahwa banyak organinasi pemuda yang positif untuk mendukung keberlangsungan demokrasi di Indonesia.
Selanjutnya dalam berbagai aktivitas keorganisasian  isu-isu yang berkembang adalah, isu sosial, lingkungan, pendidikan, hukum dan seluruh komponen yang berkaitan dengan sosial politik. 
Berawal dari diskusi sederhana Di warung Kopi, saya dan beberapa pemuda meyakini...
Sebagai bagian dari komponen bangsa, pemuda tidak dapat melepaskan diri dan menghindar dari politik. Oleh karena hakikat manusia termasuk pemuda adalah zoon politicon atau mahluk politik. 

Keberadaan dan kiprah manusia termasuk pemuda merupakan bagian dari produk politik dan terlibat baik langsung maupun tidak langsung, nyata maupun tidak nyata dalam kehidupan politik.
Pemuda merupakan penentu wajah Indonesia di masa depan.

KUALITAS demokrasi, ekonomi, dan politik Indonesia amat ditentukan oleh pandangan mereka yang “muda” terhadap politik dan demokrasi. Dan saat ini yang perlu diperjuangkan kaum muda adalah bagaimana menjaga pertumbuhan demokrasi yang mulai dewasa ini menjadi semakin matang, dengan cara menghilangkan sikap apatisme terhadap urusan-urusan sosial-politik yang merupakan urusan kepentingan masyarakat luas.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya … Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”
(* Soekarno*) 

Sekali lagi demokrasi milik pemuda 

Pemuda yang akan membawa dan menjaga demokrasi untuk Indonesia yang lebih baik. Jangan biarkan demokrasi menua. 
Seperti minum kopi, semakin hangat, semakin beraroma.. Begitulah seharusnya demokrasi.

Salam REPUBLIK NGOPI.

( Cak San/Banyu Ladhuni )


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama